Jumat, 06 Maret 2015

5 Ide Usaha Modal Kecil Untuk Mahasiswa Dan Pelajar


OLEH

Nama : Abdus Salam Amiruddin
NIM : 14.11.8424

Siapa bilang untuk kaya harus jadi tua dulu? Pelajar pun bisa memanfaatkan keahliannya untuk memulai bisnis di usia belia. Besarnya keinginan banyak pelajar untuk mandiri membuat Ide usaha untuk pelajar bertebaran di mana-mana, terutama saat kamu mau berusaha. Menjadi pelajar tak lantas harus membuat kamu ‘stuck’ dalam urusan belajar dan sekolah melulu; bagi kamu yang berniat menjadi orang sukses di usia muda, tentu harus dimulai sedini mungkin,dong. Menjadi pelajar bukan berarti menghalangi kreatifitasmu dalam membuka lapangan usaha sendiri. Dengan maraknya perkembangan teknologi saat ini, pelajar bisa membuat peluang usahanya sendiri dengan modal kecil, namun menghasilkan keuntungan yang tak boleh diremehkan.
Pada Dasarnya, banyak sekali peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh seorang pelajar, namun terkadang ketika kita sekolah, seorang pelajar sama sekali tidak ingat bahwa dia sebenarnya bisa menghasilkan uang sendiri. Kadang dikarenakan ketergantungan pada orang tua membuat seorang pelajar yakin bahwa orang tuanya akan berusaha memenuhi kebutuhan sekolahnya, sehingga terlena dengan kehidupannya saat itu. Kebanyakan dari kita yang sudah dewasa saat ini akan menyesal, kenapa tidak mulai mencoba memiliki usaha sendiri sedari dini. Saat ini sudah banyak contohnya, para enterpreneur muda yang sukses berbisnis di usia sekolahnya, apakah anda akan termasuk orang yang akan menyesal nanti, atau ingin mengukir nama sebagai enterpreneur sukses di usia belia?
Banyak yang takut untuk memulai usaha, mulai dari orang tua sendiri, ketika seorang pelajar mengatakan bahwa dia ingin memiliki penghasilan sendiri, kebanyakan orang tua hanya akan menyuruh untuk sekolah yang rajin tidak perlu memikirkan uang dulu. Sebenarnya itu adalah sebuah kesalahan kebanyakan orang tua, menjadi seorang wiraswasta tidak perlu terlalu pintar, yang penting adalah pintar-pintar memanfaatkan peluang yang ada. Namun, meskipun demikian, pendidikan tetap harus di No. 1 kan. Jangan, karena pengen punya usaha sendiri, trus malah suka bolos sekolah , cabut dll. Dalam wirausaha kita diajarkan untuk bisa bertahan hidup, disekolah kita diajarkan cara menghadapi hidup, cara bersikap dalam hidup dan pendidikan mencetak mental dan pola pikir yang jauh berbeda dibanding yang tidak sekolah.Jadi, barengi keduanya…

IDE BISNIS JUAL PULSA

Bisnis Jualan Pulsa ElektrikNah, tampaknya bisnis yang satu ini sudah lumayan umum, ya. Banyak pelajar yang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai lahan usahanya. Apakah menguntungkan? Tentu saja! Coba tengok teman-teman kamu di sekolah, dan hitung berapa banyak yang menggunakan handphone. Atau jika susah, hitung saja berapa banyak yang tidak menggunakan handphone. Barang elektronik yang satu ini memang sudah menjadi barang ‘wajib’ bagi semua orang, jadi bisa dibilang semua orang saat ini menggunakan handphone; bahkan ada anak usia 5 tahun yang sudah pegang handphone, lho! Saat teman-temanmu di kelas kehabisan pulsa, ketimbang jauh-jauh beli di kios pulsa, lebih baik kamu yang memanfaatkan peluang ini, bukan?

Usaha Berjualan Online untuk Pelajar

Peluang Usaha Menjadi Penulis FreelancePeluang usaha untuk pelajar dengan modal kecil lainnya adalah berjualan online. Maraknya penggunaan media sosial bisa menjadi lahan usaha yang potensial bagi pelajar. Berjualan buku atau baju secara online hanya memerlukan modal yang kecil, so, kamu tidak perlu khawatir.

Ide Usaha Koperasi siswa di sekolah

Peluang Usaha Pegawai NegeriNah, bisnis yang satu ini bisa dijalankan saat kamu berada di sekolah tanpa mengurangi waktu belajar kamu. Jika di sekolah belum ada koperasi siswa, kamu bisa memanfaatkan kondisi ini untuk membuka koperasi yang menjual alat-alat tulis atau kebutuhan siswa lainnya. Modalnya? Bisa dari kantong pribadi atau pinjam ke sekolah. Atau jika sekolah kamu sudah memiliki koperasi, tidak ada salahnya menawarkan jasa untuk menjaga koperasi saat ada waktu luang, kan?

Ide Usaha Beternak Kecil-kecilan

Peluang Usaha PeternakanTernak juga bisa menjadi peluang bisnis untuk pelajar yang sangat potensial. Mulai dari ayam, kelinci, hamster, ikan hias, bahkan ikan seperti lele atau belut bisa menjadi altrenatif pilihan. Merawatnya pun tidak terlalu memakan waktu dan menyulitkan. Kamu bisa menjalankan budidaya ikan atau menternakkan ayam kemudian menjualnya saat sudah dewasa, atau menjual telurnya saja.

MENGAJAR LES PRIVAT

Peluang Usaha Guru LesSiapa bilang untuk bisa mengajar kamu harus lulus tingkat pendidikan tinggi dulu? Para pelajar bisa memulai usahanya dengan menjalankan jasa les privat, atau mengajar anak-anak dengan tingkat di bawahnya. Kamu bisa mendapat bayaran dari usaha yang kamu keluarkan dari mengajar. Peluang usaha untuk pelajar ini bisa dilakukan bahkan tanpa modal, dengan tingkat keuntungan yang lumayan menjanjikan terutama jika kamu sudah memiliki banyak anak didik. Peluang Usaha Mengajar Les Bahasa Inggrisadalah salah satu contoh usaha yang bisa anda geluti sesuai kegiatan sekolah, sembari mengulang pelajaran anda juga mendapatkan penghasilan tambahan.








































Jadi inilah sebagian kecil ide usaha kecil kecilan nya gaes :)
                  amikom.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar